Kawasan Wajib Senyum !
Tempat ini akan kujadikan pembuangan beban pikiran yang mengganggu, Jangan kaget kalau di sini akan banyak terdapat ketidakjelasan tulisan karena memang tidak dimaksudkan untuk menghasilkan blog yang berbobot.

04 April, 2009

Partai Demokrat (31)







Tanggal berdiri : 9 September 2001
Inisiator : Susilo Bambang Yudhoyono
Tokoh pendiri : 99 orang di antaranya; Vince Rumangkang, Prof.Dr Budhi Santoso, Prof.Dr Irzan Tandjung, Adhiyaksa Dault, Sutan Bhatoegana.
Azas : Pancasila
Lambang Partai : Bintang segitiga merah putih dengan latar bendera biru dan ungu
Ketua Umum : Hadi Utomo
Sekretaris Jenderal : Marzuki Alie
Alamat : Kantor DPP Partai Demokrat, Jl. Pemuda No. 712 Jakarta Timur 13220, Telp. 62 21 4755146 Fax. 62 21 4757957

SEJARAH:
Partai Demokrat didirikan menyusul kekalahan Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilihan calon wakil presiden dalam Sidang Umum MPR tahun 2001. SBY yang setelah itu ditunjuk menjadi Menko Politik dan Keamanan mengumpulkan beberapa rekannya untuk mendirikan partai baru sebagai kendaraan penopang karir politiknya kelak.

Mulanya tim yang membidani Partai Demokrat ini hanya terdiri dari 6 orang, namun kemudian berkembang menjadi 10 orang dan pada saat pendiriannya, 9 September 2001, tim pendiriannya resmi terdiri dari 99 orang. Angka tersebut dipilih karena punya keterkaitan dengan SBY dimana SBY dlahirkan pada tanggal 9 bulan 9 (September) juga.

Dalam pemilu 2004, SBY sudah menjadi sosok yang populer di tengah masyarakat. Simpati masyarakat kepadanya semakin bertambah setelah ia terlibat polemik dengan Taufik Kiemas, suami presiden saat itu, Megawati Soekarnoputri. Cercaan Taufik bahwa ia sosok 'jenderal yang cengeng' justru menggelembungkan wadah dukungan untuk SBY. SBY sendiri tak lama setelah polemik tersebut, memilih mundur sebagai menteri dan berkonsentrasi membesarkan PD pada pemilu 2004.

VISI & MISI:
Visi
PARTAI DEMOKRAT bersama masyarakat luas berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia agar mencapai pencerahan dalam kehidupan kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur, menjunjung tinggi semangat Nasionalisme, Humanisme dan Internasionalisme, atas dasar ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa dalam tatanan dunia baru yang damai, demokratis dan sejahtera.

Misi
1. Memberikan garis yang jelas agar partai berfungsi secara optimal dengan peranan yang signifikan di dalam seluruh proses pembangunan Indonesia baru yang dijiwai oleh semangat reformasi serta pembaharuan dalam semua bidang kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kedalam formasi semula sebagaimana telah diikrarkan oleh para pejuang, pendiri pencetus Proklamasi kemerdekaan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan titik berat kepada upaya mewujudkan perdamaian, demokrasi (Kedaulatan rakyat) dan kesejahteraaan.
2. Meneruskan perjuangan bangsa dengan semangat kebangsaan baru dalam melanjutkan dan merevisi strategi pembangunan Nasional sebagai tumpuan sejarah bahwa kehadiran partai Demokrat adalah melanjutkan perjuangan generasi-generasi sebelumnya yang telah aktif sepanjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sejak melawan penjajah merebut Kemerdekaan, merumuskan Pancasila dan UUD 1945, mengisi kemerdekaan secara berkesinambungan hingga memasuki era reformasi.
3. Memperjuangkan tegaknya persamaan hak dan kewajiban Warganegara tanpa membedakan ras, agama, suku dan golongan dalam rangka menciptakan masyarakat sipil (civil society) yang kuat, otonomi daerah yang luas serta terwujudnya representasi kedaulatan rakyat pada struktur lebaga perwakilan dan permusyawaratan.

PENCAPAIAN PADA PEMILU SEBELUMNYA:
2004 = 8.455.225 suara atau 7,46% (57 kursi di DPR)

Tidak ada komentar:

Laman