Kawasan Wajib Senyum !
Tempat ini akan kujadikan pembuangan beban pikiran yang mengganggu, Jangan kaget kalau di sini akan banyak terdapat ketidakjelasan tulisan karena memang tidak dimaksudkan untuk menghasilkan blog yang berbobot.

04 April, 2009

Partai Merdeka (41)







Tanggal berdiri: 10 Oktober 2002
Inisiator: Adi Sasono
Pendiri: Adi Sasono
Azas: Pancasila
Lambang Partai: Lambang partai adalah lingkaran hijau dengan latar belakang warna putih dibawahnya bertuliskan Partai Merdeka.
Ketua Umum: Rosmawi Hasan
Sekretaris Jenderal: Muslich Z Asikin
Alamat: Kantor DPP Partai Merdeka, Jl. Mampang Prapatan XII No. 6 Jakarta selatan, Telp. (021) 7991439, FAX: (021) 7991439

SEJARAH:
Pendiri Partai Merdeka adalah Adi Sasono yang pernah menjabat sebagai Menteri Koperasi. Partai ini banyak berkiprah di bidang ekonomi kerakyatan sebagaimana visi yang diusung Adi Sasono. Tak heran, keberadaan Partai Merdeka banyak memanfaatkan jaringan koperasi.

Meski demikian, di tingkat nasional, Partai Merdeka belum mendapat sambutan. Dalam Pemilu 2004, mereka tak mampu menempatkan satu pun wakilnya. Di daerah, Partai Merdeka lebih jaya, sedikitnya mereka punya 100 anggota DPRD yang tersebar di beberapa kabupaten.

Menghadapi Pemilu 2009, Partai Merdeka nyaris tak ikut dalam laga karena gagal lolos dalam verifikasi KPU. Namun gugatan yang dikabulkan oleh Mahkamah Konsitusi (MK) menjadikan Partai Merdeka sebagai salah satu kontestan Pemilu 2009.

VISI & MISI
Visi
Terselenggaranya kehidupan masyarakat yang adil dan sejahtera, melalui usaha pengembangan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang berdaulat, demokratis, dan mandiri sebagai dasar pergaulan antar bangsa yang berdaya saing dan bermartabat.

Misi
a. Mempercepat perwujudan sistem ekonomi kerakyatan sebagai dasar dari pembangunan ekonomi nasional.
b. Mendorong pengembangan kehidupan politik nasional yang bersatu, berdaulat, dan bermartabat, dengan peran serta masyarakat secara langsung.
c. Mempercepat proses pencerdasan kehidupan bangsa dengan menyelenggarakan pengembangan sumber daya insani secara berkelanjutan

PENCAPAIAN DALAM PEMILU SEBELUMNYA:
2004 : 839.705 atau 0,79% suara (0 kursi di DPR)

Tidak ada komentar:

Laman