Kawasan Wajib Senyum !
Tempat ini akan kujadikan pembuangan beban pikiran yang mengganggu, Jangan kaget kalau di sini akan banyak terdapat ketidakjelasan tulisan karena memang tidak dimaksudkan untuk menghasilkan blog yang berbobot.

04 April, 2009

Partai Persatuan Pembangunan (24)






Tanggal berdiri : 5 Januari 1973
Inisiator : -
Pendiri : Fusi dari Partai NU, PSII, Perti dan Parmusi
Azas : Pancasila
Lambang Partai : Gambar kabah dalam kotak dengan warna latar hijau.
Ketua Umum : Suryadharma Ali
Sekretaris Jenderal : Irgan Chairul Mahfidz
Alamat : Kantor DPP PPP, Jl. Diponegoro No.60. Jakarta 10310, Telp/Fax : 021-31936338, 31926164. Fax: 3142558

SEJARAH
Dibukanya kran demokrasi seiring datangnya era reformasi, sempat membuat PPP diprediksi banyak pihak akan menenggelamkan eksistensi PPP. Maklum saja, PPP berasal dari fusi 4 parpol Islam yang 'dipaksakan' bergabung oleh Orde Baru. Jadi manakala, aspirasi pemilih Muslim tak lagi tunggal, PPP bisa karam.

Tapi analisa tersebut ternyata tak cepat terjadi. Pada Pemilu 1999, PPP masih mampu merebut 59 kursi di DPR. Demikian juga pada Pemilu 2004, mereka hanya terlepas 1 kursi menjadi 58 kursi di DPR. Lolosnya PPP dari ujian ini membuat PPP masih diperhitungkan sebagai kekuatan tersendiri.

Memasuki tahun 2009 ini, PPP harus melewati berbagai deraan. Citra partai ini diuji menyusul dengan tertangkapnya Al Amin Nurdi, anggota DPR dari PPP dalam kasus korupsi. Belum lagi isu ketidakharmonisan Ketum PPP, Suryadharma Ali dengan Bachtiar Chamsyah yang notabene sama-sama anggota Kabinet negara saat ini.

VISI & MISI
1. PPP berkhidmat untuk berjuang dalam mewujudkan dan membina manusia dan masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, meningkatkan mutu kehidupan beragama, mengembangkan Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim). Dengan demikian PPP mencegah berkembangnya faham-faham atheisme, komunisme/marxisme/leninisme, serta sekularisme, dan pendangkalan agama dalam kehidupan bangsa Indonesia.
2. PPP berkhidmat untuk memperjuangkan hak-hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia sesuai harkat dan martabatnya dengan memperhatikan nilai-nilai agama terutama nilai-nilai ajaran Islam, dengan mengembangkan ukhuwah basyariyah (persaudaraan sesama manusia). Dengan demikian PPP mencegah dan menentang berkembangnya neo-feodalisme, faham-faham yang melecehkan martabat manusia, proses dehumanisasi, diskriminasi, dan budaya kekerasan.
3. PPP berkhidmat untuk berjuang memelihara rasa aman, mempertahankan dan memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa dengan mengembangkan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa). Dengan demikian PPP mencegah dan menentang proses disintegrasi, perpecahan dan konflik sosial yang membahayakan keutuhan bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

PENCAPAIAN PADA PEMILU SEBELUMNYA:
1999 = 11.329.905 suara atau 10,7% (59 kursi di DPR)
2004 = 9.266.444 suara atau 8,16% (58 kursi di DPR)

Tidak ada komentar:

Laman