Kawasan Wajib Senyum !
Tempat ini akan kujadikan pembuangan beban pikiran yang mengganggu, Jangan kaget kalau di sini akan banyak terdapat ketidakjelasan tulisan karena memang tidak dimaksudkan untuk menghasilkan blog yang berbobot.

26 Mei, 2009

Putussibau



Mungkin,,bagi masyarakat kapuas hulu kota putussibau tidak asing lagi. Kota yg menjadi kabupaten kapuas hulu,yaitu kabupaten paling ujung d provinsi kalimantan barat.. Meskipun letak geografis berada d ujung putussibau mempunyai keistimewaan tersendiri bagi para pelancong2 dri luar kota..
Berjarak kira2 675 km dri ibu kota provinsi yaitu pontianak,kota putussibau dapat di tempuh sekitar 12 jam perjalanan darat (apabila jalan dalam kondisi baik),1 jam 25 menit perjalanan udara serta 1 minggu lebih bila menggunakan perjalanan air..
Terbentang dari hulu sungai Kapuas,yaitu sungai yang sangat terkenal dan merupakan sungai terpanjang d kalimantan putussibau memberikan suasana panorama alam yang masih asri dan belum tersentuh tangan2 jahil.


BURUNG ENGGANG,
Siapa yang tidak kenal burung enggang,burubg yang mejadi maskot atau lambang dari kota putussibau ini mempunyai keistimewaan sendiri karena memiliki daerah penyebaran yang sedikit..
Namun, keberadaan burung yang sangat eksotik ini terancam punah di karenakan perburuan liar.Burung enggang dapat di temui di utara kota putussibau yaitu di Balai Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK),dan Tama Nasional Danau Sentarum.. Di habitat asli burung ini sulit ditemukan karena sifatnya yng penyendiri dan pendiam,selain itu di karenakan habitat aslinya yang sebagian telah rusak akibat penjarahan hutan serta landang berpindah masyarakat.



JEMBATAN KAPUAS,
Merupakan salah satu sarana penguhubung darat satu-satunya karena menghubungkan kota putussibau serta kecamatan dari lintas selatan serta sebaliknya.
Terbentang antara kecamatan Putussibau Kota dan kecamatan Kedamin.Selain itu jembatab Kapuas merupakn sarana prasarana yang sangat vital bagi penduduk kapuas hulu karena merupakan faktor penggerak kegiatan ekonomi,sosial budaya serta pekembangan kabupaten kapuas hulu itu sendiri.



TAMAN KOTA PUTUSSIBAU,
Didirikan oleh PEMDA putussibau dengan tujuan memberikan tempat refresing bagi masyarakat putussibau khususnya dan masyarakat dari luar kota putussibau.
Terletak di jantung kota Putussibau taman kota memberikan sarana bagi masyarakat putussibau untuk menggunakan sarana tersebut. Namun sayang,keberadaan taman kota di salah fungsikan oleh sebagian masyarakat kapuas hulu.




DANAU SENTARUM,
Merupakan balai konsevasi terbesar di kalimantan barat,itu di karenakan balai konservasi merupakan tempat penagkaran flora dan fauna langka asli kalimantan seprti ikan silok(arwana),orang hutan,buaya sungai,burung enggang serta spesies ikan yang jarang ditemui di tempat lain.
Selain sebagai pusat konservasi, danau sentarum juga di canangkan sebagai paru-paru dunia dan tidak heran sebagian dari Pendapatan Daerah berasal dari balai konservasi ini.

IKAN SILUK (ARWANA),
Mendengar ikan arwana setiap orang pasti membayangkan keindahan serta nilai jual yang sangat tinggi dari ikan ini. Ikan arwana sering di katakan ikan pembawa keberuntungan (hoki),dengan alasan apa banyak orang mengatakan hal demikian.
Ikan asli dari west Borneo mempunyai nilai jual yang sangat tinggi ikan arwanan merah mampu di jual dengan harga 300 juta, dan sekarang banyak masyarakat kapuas hulu telah membudi dayakan ikan ini.

8 komentar:

deo mengatakan...

makasi info nya bro,.,.

sangat creativ dan bermanfaat

Herdian Nurbeni mengatakan...

Sama bro,, klu bkn Kita kaum2 muda spa lg khn....

maju terus Putussibau...!!

Anonim mengatakan...

maaf kang, saya dari bandung,,,, klo ada, peta ama rutenya dong... biar ga kesasar klo ksana....

Unknown mengatakan...

Kawasan Wajib Senyum !

keded mengatakan...

miss this town so much

keded mengatakan...

Miss this town so much..

keded mengatakan...

Miss this town so much

keded mengatakan...

Miss this town so much

Laman