Kawasan Wajib Senyum !
Tempat ini akan kujadikan pembuangan beban pikiran yang mengganggu, Jangan kaget kalau di sini akan banyak terdapat ketidakjelasan tulisan karena memang tidak dimaksudkan untuk menghasilkan blog yang berbobot.

04 April, 2009

Partai Kebangkitan Bangsa (13)






Tanggal berdiri : 23 Juli 1998
Inisiator : KH Abdurrahman Wahid
Tokoh pendiri : KH Abdurrahman Wahid
Azas : Pancasila
Lambang partai : Gambar bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang dengan tulisan nama partai pada bagian bawah, dengan bingkai dalam empat persegi bergaris ganda, dan tulisan PKB dibawahnya yang diberi bingkai luar dengan garis tunggal.
Ketua Umum : Muhaimin Iskandar
Sekretaris Jenderal : Lukman Edy Soetrisno
Alamat : Kantor DPP PKB, Jl Sukabumi No. 23, Menteng DKI JAKARTA 10310 Indonesia, 62 21 3155138 Fax 62 21 3155138

SEJARAH :
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dibentuk sebagai wadah aspirasi politik warna Nahdlatul Ulama (NU). KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), tetua dan juga putra pendiri NU, membidani lahirnya PKB. Secara tradisional, konstituen PKB sama dengan warga NU, karenanya Jawa Timur yang memiliki komunitas NU terbesar menjadi lumbung penyumbang suara bagi PKB.

Dalam perjalanannya sebagai organisasi, PKB tak putus dirundung konflik.Beberapa kali sempat terjadi dualisme kepengurusan. Dahulu di samping kepemimpinan PKB di bawah pengaruh Gus Dur, ada PKB Matori Abdul Djalil. Di lain waktu, ada pula PKB Alwi Shihab, dan kini yang terbaru yakni PKB Muhaimin Iskandar.

Konflik Gus Dur dengan Muhaimin bermula dari pemecatan Muhaimin dari kursi Ketum PKB. Gus Dur menganggap Muhaimin terlalu banyak jalan sendiri dalam memutuskan persoalan politik. Sebagai gantinya, Gus Dur mendudukkan Aly Masykur Musa yang didampingi putrinya, Yenny Wahid. Konflik ini berlanjut ke pengadilan dan dimenangkan oleh Muhaimin sehingga dinyatakan sebagai pihak yang berhak mengikuti Pemilu 2009.

VISI & MISI :
(a) Mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia sebagaimana dituangakn dalam Pembukaan Undang- undang Dasar 1945;
(b) Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara lahir dan batin, material dan spiritual;
(c) Mewujudkan tatanan politik nasional yang demokratis, terbuka, bersih dan berakhlakul karimah.Pasal 8
Untuk mencapai tujuannya, Partai melakukan usaha-usaha sebagai berikut:

PENCAPAIAN PADA PEMILU SEBELUMNYA :
1999 = 13.336.982 atau 12,6% (51 kursi di DPR)
2004 = 12.002,885 atau 10,61% (52 kursi di DPR)

Tidak ada komentar:

Laman